KEUNIKAN MUSHAF BOMBAY
Siapa yang pada masa kecil pernah
tadarus menggunakan mushaf dengan model seperti ini?
Jenis mushaf tersebut berasal
dari kawasan Asia Selatan, khususnya India, Pakistan, dan Bangladesh. Di
Indonesia, mushaf ini dikenal dengan sebutan Mushaf Bombay.
Mushaf yang menggunakan gaya khat
tebal dan runcing umumnya berasal dari kota-kota percetakan di India. Pada
perkembangan selanjutnya, mushaf India dengan khat runcing (naskh ta‘liq) lebih
dikenal sebagai mushaf Pakistan. Jenis khat naskh ta‘liq ini dicetak selain di
cetak di peanerbit di Pakistan juga di cetak dalam jumlah besar di Mujamma‘
Malik Fahd sejak era Presiden Zia-ul-Haq. Istilah naskh ta’liq modern ada yang
menyebut font Indopak atau juga khot model Persia.wallahu a’lam.
Menurut Ulrike Stark, sarjana
sastra Hindi modern dan peneliti sejarah perbukuan Asia Selatan penulisan dan
pencetakan mushaf di India telah dimulai sejak masa kolonial. Dalam
penelitiannya di wilayah India, khususnya India Utara, yang diterbitkan dalam jurnal
berjudul Calligraphic Masterpiece, Mass-Produced Scripture: Early Qur’an
Printing in Colonial India, ia menjelaskan bahwa produksi mushaf muali dari
edisi Hooghly (1828–1829) yang disusun oleh Sayyid ‘Abdullah, kemudian edisi
Kalkuta (1831) oleh Muhammad ‘Ali Khurasani, serta mushaf litografi pertama di
Calcutta tahun 1837. Pada pertengahan abad ke-19 muncul edisi Lucknow dari
Percetakan Hasani (1847) dengan khat naskh yang sangat tebal.
Memasuki era produksi massal,
Naval Kishore Press yang didirikan di Lucknow pada 1858 menjadi penerbit Islam
terbesar di Asia Selatan. Pada tahap berikutnya, India memasuki era perdagangan
dan distribusi internasional, sehingga menjadi pemasok utama mushaf ke Timur
Tengah, Asia Tengah, Asia Tenggara, hingga Eropa. Hal ini turut menjelaskan
mengapa di Indonesia beredar mushaf dengan karakter khat India (Bombay).
Pengaruh serupa juga tampak di wilayah lain seperti Iran(iran 3 tahun lebih
awal dalam mencetak quran), dan di Irak dikenal mushaf Awqaf Baghdad, yang
secara gaya khat naskh memiliki kedekatan dengan edisi Lucknow. Di Indonesia,
jenis khat ini mengingatkan pada metode Baghdadiyah atau model khat dalam buku
belajar membaca Al-Qur’an seperti Turutan cetakan Menara Kudus denga arab Tebal
dengan Ejaan alif fata-a, alif kasroh-I, alif dumah-u. a-i-u.(bisa baca juga
Sejarah penyebaran islam di Indonesia menurut teori Gujarat dan Teori Persia.
Di Indonesia sendiri terdapat
beberapa varian mushaf dengan bentuk tulisan dan ornamen yang serupa dengan
mushaf dari India dan Pakistan, baik yang menggunakan khat naskh tebal (gaya
Lucknow) maupun yang runcing naskh ta‘liq khas Pakistan. Salah satu penerbit
yang memproduksi mushaf dengan gaya tulisan tebal adalah Percetakan CV Afif
Cirebon milik Syaikh Abdullah bin Afif. Adapun mushaf dengan gaya runcing naskh
ta‘liq banyak dicetak oleh Syirkah al-Ma‘arif Litho-bi wa Nasr, Tamblong,
Bandung—yang pendirinya sebelumnya merupakan mitra dalam penerbitan di CV Afif.
KEUNIKAN MUSHAF INI DIANTARANYA :
• Istilah waqaf Muananaqoh Inda
Muataqodimin dan Mutaakhirin( Bisa dibaca Kunuz Al- thof).
• Waqaf Manzil/Munazal/Malaikat,
Waqaf Ghufron, Waqaf Nabi. (bisa dibaca penjelasan Imam Asmuni dari Imam
Sakhowi)
• Jumlah urutan dan hitungan
Ruku’ ( Ain)-(dipelopori Madzab Hanafi Didaerah Waroan Nahr-Bukhara)
Catatan: Semua yang tertera dalam
Mushaf India Atau Pakistan telah dijelasakan dalam kitab Kunuz Al -Thof
Al-Burhan Fi Rumuzi Auqof Al Quran , oleh Muhammad Shodiq Al-Hindi, Mulai dari
jumlah-jumlah waqaf, tata letak, perbedaan Ayat Sajadah secara fiqih hizb, juz
dll. Silahkan bisa merujuk.
• Tertera doa tertentu sperti
ucapan Amana Bilah, Amin Allahuma Lakalhamdu dll.
• Doa pada Persaksian seperti
pada surat Al-Insan(Ad Dahr) atau At-tin dengan Doa Balaa Wanah Ala Dalika
Minassyahidiin. ( bisa dibaca pada kitab-kitab fiqih terkait doa-doa ini juga
ada Al-Adab Fi Hamalatil Quran).
• Dan pada edidi Indonesia
cetakan Cirbon atau Al-ma’arif Bandung pada halaman tambahan tercantum
materi-materi adab membaca quran, Doa pada tiap-tiap ayat sajdah, materi
tajwid, waqaf, makhorijul khuruf, sifat-sifat huruf lengkap dengan bagan dan
lain -lainnya.
Beberapa Makalah Yang bisa dibaca
Tarikh Tibaah Quran Wa Nasrihi Fi
Bakistan, oleh Dr. Muhammad Akram
Tarikh Tibaah Quran Jumhuriyah
Bakistan , oleh Dr. Abu Tholhah Mushammad Yususf Al Kasmiri
Tarikh Tabaatil Mushaf Fi Hindi,
oleh Syaikh Sohib Alim Qomaruzzaman
Tarikh Tibaatil Mushaf Fiq Sibhi
Qorotil Hindi, Dr. Muhammad Khon Tsaqib
Khotul Mushaf Asy Syarif, Dr
Abdul Aziz Hamdi Sholih.
Ulrike Stark, Calligraphic
Masterpiece, Mass-Produced Scripture: Early Qur’an Printing in Colonial India
Dr. Syafaat Rabbani dan lain
sebagainya.
Buku Dengan judul "Menyingkap Tanda Waqaf Mushaf Al-Quran Hindi" ditulis oleh sdri Nurhikmatul Maulia ini sangat rekomendasi untuk bacaan terkait mushaf Bombay atau Pakistan terutama bab waqaf, buku ini disarikan dari Tesis di IIQ Jakarta pada program Studi Ilmu Al qur'an Dan Tafsir. Monggo yg berminat tinggal inbok beliau, sangat rekomendasi
Beberapa Makalah Yang bisa dibaca
Tarikh Tibaah Quran Wa Nasrihi Fi Bakistan, oleh Dr. Muhammad Akram
Tarikh Tibaah Quran Jumhuriyah Bakistan , oleh Dr. Abu Tholhah Mushammad Yususf Al Kasmiri
Tarikh Tabaatil Mushaf Fi Hindi, oleh Syaikh Sohib Alim Qomaruzzaman
Tarikh Tibaatil Mushaf Fiq Sibhi Qorotil Hindi, Dr. Muhammad Khon Tsaqib
Khotul Mushaf Asy Syarif, Dr Abdul Aziz Hamdi Sholih.
Ulrike Stark, Calligraphic Masterpiece, Mass-Produced Scripture: Early Qur’an Printing in Colonial India
Dr. Syafaat Rabbani dan lain sebagainya.





Tidak ada komentar:
Posting Komentar