Jumat, 27 Juli 2018

PERBANDINGAN PENULISAN MUSHAF STANDARD MADINAH DAN KEMENAG (INDONESIA)


Kalimat-kalimat dan letak perbedaan penulisan dalam Mushaf Madinah dan Mushaf Standard Kementrian Agama Republik Indonesai (Kemenag).

Perbedaan antara Mushaf Madinah dan Mushaf Kemenag memang cukup banyak Perbedaan ini berkisar pada penulisan rasm pada   bab Alifat, Isbat dan Hadf (alif sorih dan alif khonjariyah , Badal Alif (wau atau alif), Hamzaat (penulisan hamzah dan bentuk hamzah ) Ta’aat (penulisan bab Ta Maftuhah atau Marbuthoh), Yaa’at(penulisan huruf ya satu ya atau dua ya baik pada tengah atau ahir kalimat dan berlaku juga pada bab hadf ya ) Fasl dan Wasl (penyambungan penulisan atau memisahkannnya)  bab Wau ( penulisan wawu) dan kaidah-kaidah rasm usmani lainnnya.

Kalimat yang berbeda cara penulisannnya ini tersebar disekitar 93 Surat ( pengulangan surat mencapai 1.136 kali ) dan tersebar di sekitar 1.607 tempat, kalimat yang berbeda  cara penulisannnya ini berjumlah sekitar 341 kalimat, dengan berbagai Mulhaknya-bentuk turunan atau sighoh-nya. Yang paling banyak perbedaan rasmnya adalah antara isbat dan hadf alif sisanya berkisar seputar Bab Hamzaah, Ya, Wau dan Ta.

Pada kesempatan kali ini akan saya buatkan matrik kalimat yang sama bacaanya namun berbeda dari tata cara penulisannya serta letak dalam surat juga ayatnya. beberapa kalimat diantaranya dalam surat Al-Fatihah sudah saya jabarkan pada pembahasan-pembahasan sebelumnya, serta hujah dari masing-masing penulisan, perbedaan ini akan menambah wawasan bagi kita yang senantiasa terus menggali ilmu-ilmu para ulama. 

Kapan-kapan juga insyaallah akan saya buatkan matrik perbandingan Mushaf wilayah Masyriq pada umumnya (Madinah ) dengan Mushaf Lain seperti Mushaf Riwayat Imam qolun Cetakan libiya Metoda Imam Addani, Mushaf Imam Ibnul Jazari dalam Al-bayan Fi Rasmil Mushaf Utsmani yang secara Umum Memakai Metoda Imam Abu Dawud Tetapi juag ada beberapa perbedaan. Untuk sekarang Hanya pada Mushaf Masyriq (diwakili Mushaf Madinah ) dan dibandngkan dengan  Mushaf Standard Kemenag.

Pertama  dimulai dar bab Isbat(ditetapkannya alif sorih) dan Hadf (membuang alif )

BAB ISBAT DAN HADF ALIF 




Bersambung.............




Tidak ada komentar:

Posting Komentar