Kamis, 02 Maret 2017

BIOGRAFI IMAM AL JAMZURI



BIOGRAFI IMAM AL JAMZURI


NAMA
Sulaiman Bin Husain Bin Muhammad  Bin Salabi Al Jamzuri ,yang mashur dengan Al Afnaadi, dinamakan Al Jamzuri karena nisbat ke Jamzuur yaitu sebuah kota di Mesir Arabiyah yang bernama Tondata atau yang sekarang di sebut Tontho ( Tanta).Imam Jamzuri adalah ulama abad ke 12 hijriyah.

KELAHIRAN
Beliau lahir pada bulan Rabiul Awal  tahun Bid’un  Wasitin Ba’da Miah Wa Alf 

GURU
Imam jamzuri adalah seorang ulama bermadhab Fiqih Imam Syafii
Diantar guru beliau adalah

1.Syaikh Nuruddin Ali Bin Umar Bin Hamd Bin Umar Bin Naji Bin Fanisy  yang mashur dengan sebutan Imam Al Mihiy yaitu nisbat ke Al Miyah yaitu sebuah kota  di wilayah Mesir , wafat pada tahun 1204 H beliau ahli di bidang Tajwid dan qiroah dan menyebarkan ilmu di Wilayah Al Azhar.nama guru ini yang di sebut dalam matan Tuhfatul Athfal

2.Syaikh Mujahid Al Ahmadi  ,nama aslinya Muhammad Abu Nuja yang mashur dengan sebutan Sayyidi Mujahid ,beliau dalah ulama abad ke duabelas hijriyah.beliau lah yang memberi gelar Imam Al Jamzuri dengan sebutan Al Afnaadi ,dalam bahasa Turki menunjukkan keagungan dan ketinggian.

KARANGAN 

 1.Tuhfatul Atfal  Wal Ghilman Fi Tajwidil Quran ( Nadzom)
2.Fathul Aqfal Bi Syarh Tuhfatul Athfal
3.Kanzul Maani Bi Tahriri Hirozul Amani
4.Fathurrahman Bisarhi Kanzul Maani Fi Qiraoat Sab’i
5.Mandumah Fi Riwayat Imam Waras
6.Jamiul Mussaroh Fi Syawahid Asyatibiyah Wa Durrah
7.Addur Mandum Fi Udril Ma’mun
8.Attirozul Marqum Bi Syarhi Dur Mandum

Karangan yang sangat di kenal adalah Tuhfatul Atfal  Wal Ghilman Fi Tajwidil Qur’an    ( Nadzom) Nadzom ringkas ini berisi syair yang terdiri dari 61 bait ,Imam Jamzuri dalam nadzom ini menerangkan tentang hukum bacaan / tajwid  yang beliau pelajari dari sang guru yaitu  Imam Al Mihiy,Nadzom ini  berisi tentang hokum nun sakinah (mati ) dan tanwiin, dan Hukum Nun Tasdid,hokum Mim Sakinah (sukun) ,Hukum Mutamasilain ,Mutajanisain,Mutaqorribain ,Al Ta’rif,Lam Fiil,Hukum-Hukum Mad.

Waktu kita kecil kita sering dengar syair
Nun Mati Tanwin Bila Bertemu Huruf ,Lima Hukum Itu Telah Ma’ruf Yaitu Idhhar…..dan selanjutnya itulah salah satu isi Dari Tauhfathul Athfal yang di buat syair oleh guru di kampung ,agar santri mudah  dan gampang mengingatnya.

WAFATNYA
Para ulama tidak tahu pasti kapan beliau meninggal tetapi dalam sejarah di sebutkan bahwa kitab yang beliau susun terahir adalah Fathurrahman Bisarhi Kanzul Maani Fi Qiraoat Sab’i yang di susun terahir sekitar tahun 1208 H (beliau Wafat setelah Tahun 1208 H).Wallahu A’lam



14 komentar:

  1. Belum Sempat Memposting lagi,insya Allah Tulisan sudah banyak ,tinggal di postkan untuk artikel selanjutnya yaitu tentang sejarah penyebaran qiroah para Imam di dunia Islam dan Mengapa yang Mashur Sekarang hanya tinggal Riwayat Imam Hafs an Ashim?Nantikan

    BalasHapus
  2. Blog yang benar-benar bermanfaat sekali. Barokallohu fikum ya akhi.. saya haus ilmu tentang Al Quran. Sayangnya saya baru sekali ini mampir di blog ini karena baru ketemu pagi ini.

    Abu Luqman, Madiun, Jawa Timur.
    2 Romadhon 1438

    BalasHapus
  3. assalamalaikum kak ini sumbernya dimana yah?
    bisa beritahu kami judul buku acuannya?
    terima kasih kak

    BalasHapus
  4. Sangat bermanfaat dan membantu
    Mudah2 an bermanfaat

    BalasHapus
  5. Masya allah.......sungguh luar biasa.semoga mendapatkan ilmu yg manfaat

    BalasHapus
  6. ijin mengambil faidah dari artikel ini ya kang...suwun

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah nambah wawasan dengan adanya blog ini kak

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah dn syukron atas ilmunya.. afwan ustaz mau tanya Syaikh Sulaiman bin Husain atau Hasan soalnya beberapa kitab terjemah ada yg menulis Hasan dn juga Husain yg bener yg mana syukron.

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus