Kamis, 24 Agustus 2023

SURAT MAKIYAH DAN MADANIYAH

Sebelum melanjutkan ke  pembahasan tentang kitab Al Muqni’, kali ini akan membahas tentang istilah Makiyah  dan Madaniyah  sebuah surat dalam Al-quran , dimana maki dan madani ini jika dikaitkan dengan pembahasan ulumul quran masuk dalam ulumul quran yang berkaitan dengan turunnya ayat atau surat dalam al quran.

 

المكيّة و المدنيّة

1.PENGERTIAN MAKIY DAN MADANIY

Dhobit atau qoidah istilah makiy atau madaninya sebuat surat dan ayat berkaitan dengan waktu yaitu hijrah Nabi sollallohu alaihi wassalam , surat disebut Makkiy yaitu semua surat yang  turun sebelum nabi hijrah meskipun diluar Makkah , dan Madaniy semua ayat atau surat yang turun setelah baginda nabi hijrah ke Madinah meskipun juga diluar Madinah.

Jumlah surat yang tergolong kedalam kategori makiyah dan madaniyah

Maki dan madainya sebuah surat atau ayat dalam pembahasan para ulama ada perbedaan pendapat yang digolongjkan kedalam tiga pembagian yaitu surat yang di kategorikan Itifaq(sepakat Madani), kedua surat yang itifaq atau sepakat Maki-nya dan ketiga surat yang terjadi Ikhitlaf Maki dan Madani-nya.

1.     Surat yang Ikhtilaf para ulama apakah surat itu Makiyah atau Madaniyah dalam al-qur’an berjumlah 20 surat

2.     Surat yang sepakat para ulama bahwasannya surat itu Madaniyah berjumlah 19 surat

3.     Surat yang sepakat para ulama bahwasannya surat itu Makiyah berjumlah 75 surat

 

2.JUMLAH SURAT-SURAT MAKIYAH DAN MADANIYAH SERTA PERBEDAAN ULAMA TENTANG KEDUANYA

1.     Surat-surat dalam Al-Qur’an yang ulama berbeda pendapat apakah Makiyah atau Madaniyah terdiri dari 20 surat yaitu Al-Fatihah, Ar-Ra’du, Al-Hajj, Ar-Rahman, Al-Hadid, As-Shof, At-Taghobun, Al-Insan, Al-Muthofifin, Al-Qodr, Al-Bayyinah, Az-Zalzalah, Al-Adiyat, At-Takatsur, Al-‘Asr, Al-Ma’un, Al-Kautsar, Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Nas

2.     Surat-surat yang ulama sepakat Madaniyah terdiri dari 19 surat  yaitu :Al-Baqoroh, Ali-Imran, An-Nisa, Al-Maidah, Al-Anfal, At-Taubah, An-Nur, Al-Ahzab, Muhammad, Al-Fath, Al-Hujurot, Al-Mujadilah, Al-Hasyr, Al-Mumtahinah, Al-Jumuah, Al-Munafiqun, Ath-Tholaq, At-Tahrim, dan An-Nasr.

3.     Surat-surat  yang ulama sepakat bahwasannya surat-surat itu tergolong Makiyah terdiri dari 75 surat selain yang tercantum pada no 1 dan 2.

3.CARA MENGETAHUI MAKI DAN MADANI SEBUAH SURAT

Secara asal bahwa mengetahui Maki dan Madani sebuah surat  bukan berdasarkan pada akal atau ra’yu tetapi mengetahui Makiy dan Madaniy sebuat surat adalah berdasar nuqilan-nuqilan dan perkataan yang didengar dan disaksikan Ketika surat tersebut turun atau sahabat mendengar info terkait surat tersebut dan berhubungan langsung dengan kejadian saat itu yaitu para sahabat jalil Nabi sollallohu alaihi wassalam( Riwayat yang sampai kepada para sahabat)

Tetapi selain itu juga ada cara-cara lain yang ulama bahas untuk mengetahui surat atau ayat tergolong Maki atau Madani. Yaitu Thoriq Naqli As Sima’iy dan Thoriq Al-Qiyasi Al-Ijtihadi

Bersambung  Lanjutan Cara Mengetahui Makkiy dan Madaniy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar