Jumat, 25 Agustus 2023

CARA MENGETAHUI MAKIY DAN MADANIY SEBUAH SURAT

             Secara asal bahwa mengetahui Makiy dan Madaniy sebuah surat  bukan berdasarkan pada akal atau ra’yu tertapi mengetahui Makiy dan Madaniy sebuah surat adalah berdasar nuqilan-nuqilan dan perkataan yang didengar dan disaksikan oleh orang yang hidup semasa dengan nabi juga beberapa surat  berhubungan langsung dengan kejadian saat itu yaitu para sahabat jalil nabi sollallahu Alaihi wassalam( Riwayat yang sampai kepada para sahabat)

Tetapi selain itu juga ada cara-cara lain yang ulama bahas untuk mengetahui surat atau ayat tergolong Maki atau Madani. Yaitu Thoriq Naqli As Sima’iy dan Thoriq Al-Qiyasi Al-Ijtihadi

1.     At Thoriq An-Naqliyu As-Sama'iyu

Yaitu Khabar atau Riwayat yang sampai kepada kita dari jalur para sohabat,  bahwasannya para sahabat menyatakan surat ini Makiy dan surat ini Madaniy atau juga khabar dari jalur para murid sohabat yaitu para Tabiiin yang mereka mengambil dari para sohabat, seperti khabar yang bersumber dari Sayyidah Aisyah Ketika menerangkan turunnya surat Al-Qomar atau juga dalam qoul beliu Sayyidah Aisyah: bahwasannya tidaklah turun surat Al-Baqarah dan An-Nisa kecuali saya juga berada disisi Baginda Nabi. dan kebanyakan mengetahui Makiy dan Madaniy sebuah surat bersumber dari khabar seperti ini.

 2.     At Thoriq Al Qiyasiyu Al-Ijtihadiyu

Yaitu Ketika terbatasnya atau tidak adanya khabar dari para sohabat tentang Makkiy dan Madaniya sebuah surat, maka hal seperti ini menjadikan ikhtilaf akan Makiy atau Madaniya sebuah surat, maka para ulama berijtihad dengan dowabith atau menggunakan standar sebagai sebuah ukuran untuk mengambil yang rajih tentang suatu surat tersebut. salah satunya muncul cara Al-Qiyasu Al-Ijtihadiyu yang didasarkan pengqiyasan karakteristik Makiy atau Madaniya, yaitu diqiyaskan dari sisi tema surat atau ayat, ushlub kalimat dan kekhususan   khitob ayat yang menunjukkan akan kandungannya.

Secara umum sebenarnya thoriq ini juga bagian dari penjabaran dari Thoriq Samaiy yang merupakan asal cara mengetahui Makiy dan Madaniy sebuah surat.

1.Dhowabith Surat Atau Ayat Makkiyah

a.     Setiap surat yang datang dengan Khitob “ Yaa Ayyuhan Naasu, Yaa Banii Aadam.

b.     Setiap Surat yang di dahului Huruf Muqothoah,  selain surat Al-Baqoroh dan Ali-Imran,

c.      Setiap surat yang didalamnya ada Ayat Sajdah

d.     Setiap surat yang didalmnya ada lafadz Kallaa

e.      Setiap surat yang bercerita tentang nabi terdahulu  dan umat-umat terdahulu selain surat Al-Baqoroh.

2.Kelebihan Surat-Surat Makiyah

Ø Dari Sisi Uslub Kalimat

-         kebanyakan dalam surat dan  ayatnya pendek-pendek

-         Kuatnya Ibarot, banyaknya uslub ta’kid dan Taqrir dengan qosam, banyak perumpamaan, dan penyerupaan.

Ø Dari Sisi Tema isi Surat

-         Surat Makiyah kebanyakan tema taqrir berkaitan dengan Akidah, da’wah mengesakan Allah, itsbat risalah, penetapan terjadinya hari bangkit(kiamat), Tempat kembali,  dan balasan terhadap perbuatan, dan menceritakan ahwal pada hari kiamat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar