4.Az-Zukhruf 24
Dalam Nasrul Marjan, Imam Ibnu Amir dan Ahli Qiroat (Syaamy), Imam Hafs membaca dengan Fathah Qof dan Lam, Alif di antara keduanya ada alif dan dibaca dalam Sighot Madhi, Imam-Imam Yang lain membaca dengan sighot Amr Domah Qof sukun lam tanpa alif antara keduanya.dan ditulis secara Rasm Hadf Alif secara Ittifaq.
Berkata Imam Ad-Dani: Imam Hafs dari Ashim dan Imam Ibnu Aamir membaca dengan Alif Qoola atau dan tidak ada kabar yang sampai pada kami akan tatacara penulisannya pada Mushaf Syaam atau yang lain, dalam catatan-catan bahwa Mushaf yang ada Hadf Alif, tetapi riwayatnya tidak tasbit”.Imam Ghauts lebih memilih Hadf Alif sebagai isyarat adanya dua qiroat yaitu qoola - dan qul .
4.Kalau kita buka dalam Muqni atau Mukhtasar Imam Ad-dani dan Imam Abu Dawud tidak memaparkan pada surat ini, Saikhoni hanya membahas pada surat Al-Anbiya dan Al-Mukminun saja, keterangan Ini Bisa kita dapati dari Imam Al-Juhani menerangkan akan Khilafnya antara Isbat dan Hadf dalam Al -Badi’ demikian juga dalam juga Imam Ibnul Jazari dalam Al-Bayan Hadf Alif, Imam Ibnul Jazari Hadf Alif .
Dalam Samir Imam Ad-Doba dalam Hadful Alif Ba’dal Qoof Menyandarkan ke Imam Ad-Dani dan Imam Abu Dawud bahwa keduanya Hadf pada Semua Mushaf Amsoor. Wallahu A’lam
Bersambung Ke Bagian 5 (Kesimpulan)...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar