Selasa, 14 Maret 2023

JUZ KE -20 MEMASUKI JUZ KE -21 PADA MUSHAF MSI

JUZ KE -20 MEMASUKI JUZ KE -21 PADA MUSHAF MSI

Pada kali ini penulis  ingin membahas masalah juz pada Mushaf MSI (Mushaf Standard Indonesia), yaitu tentang  akhir juz  ke-20 memasuki juz ke-21

Sebelumnya saya sudah membahas tentang juz ke -13 memasuki juz ke-14 dari salah satu kitabnya Imam Ad-Doba dalam I’lamul Ikhwan, ibarotnya baru saya temukan pada kitab ini saja.

Pada Pembahasan juz ke-20 memasuki juz ke 21  dikitab-kitab rujukan dalam pembagian juz  pada al quran , akhir juz 20 atau 40  adalah kalimatsurat Al-Ankabuut ayat ke-45. Dalam Funun disebutkan pada Bab Fasl Fidzikri Ajzaa'il Qur'an Al-Kariiim At-Tsalasiin Yaitu Ra’su Khomsi Wa Arbaina Minal Ankabuut Fi Kalimat Dan juga pada Fasl Fidzikri Aqsamil Quran Al Karimm As Sitin Yaitu Ra’su Khomsi Wa Arbaina Minal Ankabuut Fi KalimatImam Mukholilati dalam Al-Ilm Fawasil Biqoulil Wajiz  pada Syarah Nadziamtuzzuhri Imam Syatibi menyebutkan setelah kalimat  Al-Hizbu Al Hadiy Wa Arbauun.(setelah Kalimat Maa Tasnaun Adalah Hizb ke 41). 

Dalam I’lamul Ikhwan Imam Ad-Doba menyebutkan kalimat   Juz’un Indal Al-Misriyin Wa Jumhuril Masyariqoh Wa Hizbu Indal Maghoribah, Wa Tamami Tsulusail Qur'an, ........(Akhir Juz Pada Penduduk Mesir, dan Jumhur Arab Masyriq (TimTeng). dan Sepertiga Quran. 

Dalam halaman yang sama pada surat Al Ankabut Imam Ad-doba menyebutkan kalimatJuz’un Inda Ba’dil Masyariqoh( Akhir Juz Pada Wilayah sebagian Arab Masyriq)

Imam Ad-Dani dalam Al-Bayan pada Bab Dzikru Ajza’ Sittin Wa Salaisiin Ala Maa Aqri’nahu Menyebutkan: Wal Muwafi Al-Arbaina Fi Al-Ankabuut Ra’su Khomsi Wa Arbaina  kalimat  (juz 20 atau hizb 40 ) dan ini adalah At -Tsulus At Tsani Minal Qur’an.  demikian juga ibarot dari Imam Sakhowi dalam Jamalul Quro Wakamaul Iqro’ pada bab pembagian quran kedalam 60 juz beliau mengatakan Bi Tifaqil Al Jamiii’

Imam Andarobi dalam Al-Idooh menyebutkan pada bab pembagian quran kedalam 30 juz. Beliau Menyebutkan juz 20 surat Al-Ankabut ayat 45 kalimatdan ini adalah At-Tsulusaani ( 2/3 dari quran).

Demikian juga keterangan dalam At-Tanzil Imam Abu Dawud ketika pada sampai kalimat Tasanaun Surat Al-Ankabut beliau mengatakan kalimat ini adalah  Al Khomsul Khoomis. Wa Juzul Muwafi Arbain Min Ajzais Sittin.

Dalam Ghousun Nafi’ Imam Sofaqusi menyebutkan kalimat  Tamamu Min Hizbil Al-Arbaina Wa Sulusul Quranil Adzim Bil Ijmaa.


Kesimpulan

Mushaf MSI juz ke 20 berakhir pada kalimatsurat Al-Ankabut ayat Ke-44 dan juz ke-21 dimulai pada kalimatsurat Al-Ankabut ayat ke 45. Sebagaimana Seperti yang dikatakan Imam Ad-Doba dalam I'lam (yaitu sebagian Madzhab Masyriq (Sebagian Arab)

Mushaf Mesir, Madinah atau Maghrib akhir juz ke-20 atau Hizb ke 40  berakhir pada kalimat  dari surat Al-ankabut ayat ke-45 dan dan juz ke 21 atau hizb 41 dimulai dari kalimatsurat Al-Ankabut ayat ke-46, sebagaimana kebanyakan rujukan menyatakan Hal itu.

Wallahu A’lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar