Senin, 14 Desember 2020

PENULISAN KALIMAT QOOLA DALAM MUSHAF CETAK Bag 1


Kalimat قَالَ dalam Mushaf Standar Riwayat Hafs ada sekitar 529   tersebar diberbagai surat dan ayat.

Kalimat قَالَ ini dalam Mushaf Cetak terjadi perbedaan cara penulisannya yang karena adanya cara baca yang berbeda dari para Imam Quro', perbedaan cara baca ini ada pada tujuh tempat, yaitu ada yang membaca dengan Amr (perintah) ada yang membaca dengan Ikhbar (Khabar pernyataan). Dengan Fathah Qof  dan Lam, dan antara Qof dan Lam ada Alif, yaitu Madhi, ada juga yang lain membaca dengan cara Dummah pada Huruf Qof dan Sukun pada Lam (dibaca Secara Fiil Amr) tidak ada Alif diantara keduanya. Berikut rinciannya:

 

قُلْ سُبْحَانَ رَبِّي هَلْ كُنْتُ إِلَّا بَشَرًا رَسُولًا (93 Al-Isra )

Ibnu Katsir dan Ibnu Aamir membaca dengan Kedaan Ikhbar yaitu قَالَ  (Fiil Madhi Ma’lum) yang lain membaca dengan sighot Amr (perintah) yaitu Qul قل Termasuk Riwayat Hafs.

قَالَ رَبِّي يَعْلَمُ الْقَوْلَ فِي السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ (4 Al-Anbiya )

Qiroat Kuffiyun, Imam Hamzah, Imam Kisai, Imam Hafs, Imam Kholaf membaca dengan Ihkbar atau Fiil Madhi Qoola (قَالَ ), Imam Syu’bah membaca dengan sighot Amr (perintah) yaitu Qul- قل

قَالَ رَبِّ احْكُمْ بِالْحَقِّ وَرَبُّنَا الرَّحْمَنُ الْمُسْتَعَانُ عَلَى مَا تَصِفُونَ (112  Al-Anbiya  )

Dibaca secara Ikhbar atau Fi'il Madhi Qoola ( قَالَ ) Hanya Riwayat Hafs, yang lain membaca dengan sighot Amr (perintah) yaitu Qul- قل

قَالَ كَمْ لَبِثْتُمْ فِي الْأَرْضِ عَدَدَ سِنِينَ ( 112  Al-Mu’minun  )

Ibnu Katsir, Imam Kisai' dan Imam Hamzah Membaca Dengan sighot Amr (perintah) yaitu Qul- قل yang lain secara Ikhbar atau Fiil Madhi  Qoola ( قَالَ ). Termasuk Riwayat Hafs.

قَالَ إِنْ لَبِثْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا لَوْ أَنَّكُمْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ (  Al-Mu’minun 114  )

Imam Hamzah dan Imam Kisai’ Membaca Dengan sighot Amr (perintah) yaitu Qul- قل, yang lain membaca dengan cara Ikhbar atau Fiil Madhi Qoola ( قَالَ ) Termasuk Riwayat Hafs.

 قَالَ أَوَلَوْ جِئْتُكُمْ بِأَهْدَى مِمَّا وَجَدْتُمْ عَلَيْهِ (24 Az Zukhruf )

Imam Ibnu Aamir dan Imam Hafs membaca dengan cara Ikhbar atau Fiil Madhi Qoola ( قَالَ ), yang lain membaca dengan Sighot Amr (perintah) yaitu Qul- قل

 

قُلْ إِنَّمَا أَدْعُو رَبِّي وَلَا أُشْرِكُ بِهِ أَحَدًا (20 Al-Jin )

Imam Ashim, Imam Hamzah  dan  Imam Abu Ja’far Membaca Dengan sighot Amr (perintah) yaitu Qul- قل, yang lain membaca dengan secara Ikhbar atau Fiil Madhi Qoola ( قَالَ )

Adanya Cara baca yang berbeda ini  kemudian juga terjadi perbedaan cara penulisan, hampir semua penulisan قَالَ dalam Mushaf Riwayat Hafs  ditulis dengan diisbat alifnya (dibaca dengan Fathah Qof dan Fathah Lam dan di antara keduanya ada Alif). perbedaan penulisan ini pada mushaf yang ada (mushaf cetak sekarang) terdapat pada 5 tempat yang kebanyakan dari 5 tempat ini Hadf Alif (tidak memakai alif).

Saya Contohkan Mushaf MSI (cetakan Syamil quran) dan Mushaf Timur Tengah Cetakan Mujama’ Malik Fahd.

Pertama Mushaf MSI selain kelima Ayat di bawah ini semua diisbat alifnya.

Hadf alif pada penulisan rasm dalam ayat ini karena adanya cara baca yang berbeda, ada yang membaca yang sifatnya ikhbar (pernyataan), da nada yang baca dengan cara amr(perintah), yaitu قَالَ  Qoola  dan Qul قل.

Bersambung Ke Bagian 2.....

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar