TANDA DOBT PADA MUSHAF AL QURAN
Pengertian Addobtu
Secara Bahasa Addobtu menjaga
sesuatu dengan penjagaan yang sempurna, menghukumi sesuatu dengan
kedudukannya, pembentukan tulisan dengan cara yang benar .
Secara istilah adalah tanda secara khusus yang
di letakkan di atas huruf yang menunjukkan harokat atau kedudukan
hukumnya, seperti tanda pada huruf sukun ,Tanda Mad,Tanwin , Tasdid atau
tanda lainnnya.
Mushaf dengan Dobt
yang warna merah adalah dobt sedangkan yang hitam itulah rasmnya
yang warna merah adalah dobt sedangkan yang hitam itulah rasmnya
KEDUDUKANNNYA
Dobt ini sangat penting dengan adanya tanda ini
bisa di ketahui keadaan sebuah huruf dan hukumnya juga menghindarkan
tertukarnya sebuah tujuan dari pembacaan karena miripnya sebuah huruf
dalam penulisan.
Jadi dapat di simpulkan Pertama Addobt yang di
maksud adalah tanda yang di pakai untuk menandai keadaannnya baik itu di baca sukun/hidup,
Fathah, Kasroh Dumah, Tanwin, Kasrohtanwin Dumahtanwiun ,Tasdid, atau
tanda untuk bacaan bacaan panjang, atau tanda-tanda lain yang di jumpai di
penulisan mushaf.
Kedua dobt ini adalah menunjukkan hukum bacaan
yang memberikan kemudahan bagi seorang qori untuk mengetahui hukum
berkaitan dengan Tajwid Baik Isymam, Imalah, Idgham, Taqlil, Mad
dan lain sebagainya.
PERKEMBANGAN TANDA DOBT
Tanda dobt ini perkembangannya cukup banyak,
sampai ahir pada mushaf yang kita baca saat ini, kita melihat keadaan bagaimana
bentuk tanda Sukun, Fathah, Kasroh, Dumah, Tanwin Tanda Mad Juga bentuk-bentuk
huruf hijaiyah yang dapat kita bedakan dari titiknya walaupun secara penulisan
sama, karena pada awalnya seperti antara Syin dan Sin di tulis
sama atau antara Kho, Ha , Jim sama
dan lain-lainnya.
Perbedaannya pun juga banyak terjadi, karena
ini bersifat ijtihadi sehingga juga banyak tanda dobt yang banyak di buat oleh
para ulama pendahulu, dengan berbagai perbedaan kultur budaya sehingga lahirlah
istilah Dobt Masyriq dan dobt Maghrib, sebagai contoh Mushaf Masyriq dobt sukun
diambil dari kepala huruf kho, sementara Maghrib ditandai dengan bulatan atau
dari kata sifr (nol) belum lagi yang lain pada pengaplikasian tanda titik dan
lain-lain
tetapi secara tujuan sama memudahkan dalam
membaca al-qur’an bagi kaum muslimin yang bersentuhan langsung. jadi kalau menemukan
al-quran yang berbeda dengan yang ada dikita, kita tidak akan lagi resah oleh
karena sudah tau bahwa dari segi bacaan terkadang berbeda, dan juga secara dobt
juga berbeda.
Seperti pada mushaf Maghrib(Maroko) Riwayat Imam Warasy
perhatikan huruf fa titiknya dibawah, Huruf qof titiknya Hanya satu, dan huruf nun tidak ada tanda titiknya, perhatikan cara penulisan alif, lam hamzah yang kalau dilihat sangat berbeda dengan mushaf yang ada pada kita.
Contoh-Contoh Mushaf
Mushaf Riwayat Imam Warasy Cet Madinah
Mushaf Riwayat Imam Hafs Cet Madinah
Mushaf Riwayat Imam Warasy Cet Madinah
KITAB-KITAB YANG MEMBAHAS TENTANG ILMU ADDOBT
Al Muhkam Finuqotil Masoohif oleh
Imam Abu Amr Addani
Usuluddobti,oleh
Imam Abu Dawud Sulaiman Annajah
Mawariduddoman ,milik
imam al khoroz dalam bentuk keterangan tambahan tentang tanda dobtnya.
Attiroz Fi Sarhil Dobtil Khoroz oleh
Imam Attunisi
Daliliul Khoiron Sarhu Mawariduddoman,oleh
Imam Al Marogini
Samirutttolibin Firasmi Wa Dobti Kitabil Mubiin oleh
Imam Muhammad Ali Doba
Irsadul Quro Walkatibiin Ila Ma’rifati Rasmil
Kitabil Mubiin oleh Imam Ridwan Mukholati
Assabil Ilaa Dobti Kalimatittanziil oleh
Ahmad Muhammad Abu Zaituhaar
Irasdut Tolibin Ila Dobtil Kitabil Mubiiin oleh Dr
Muhammad Salim Muhaisin
Al Mu’nis Fi Dobti Kalamullahil Mu’jiz oleh
Mahmud Amin Tantowi
dan banyak lagi lainnnya.
TANDA –TANDA DOBT
Fathah-Dumah-Kasroh-Tanwiin,Tanda Idghom
Naqis,-Tanda Isman,Ikhtilas Dan Imalah-Sukun,Tasdid,Tanda Mad, Tanda Pada
Huruf-Huruf Muqotoah Pada Pembuka Surat , Hamzah Wasal, ,Hamzah Qotho,tanda
pada penulisan huruf yang Mahduf( yang di buang),Lam Alif,tanda
pada penulisan huruf yang ada tambahannya,(Mazid)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar