Kamis, 25 Februari 2016

MENGENAL MUSHAF STANDAR PAKISTAN

MENGENAL MUSHAF STANDAR PAKISTAN (1)



Mushaf ini di kenal dan mashur di wilayah negara-negara anak benua hindia.
Mushaf standar pakistan ini di cetak dan di terbitkan oleh perusahaan bernama Pt Taj Company.PT Taj Company adalah sebuah perusahaan penerbitan al quran dan buku –buku agama di Lahore Pakistan berdiri tahun 1929 m saat berlangsungnya penjajahan inggris atas india,penyebaran cabangnya berlansung secara cepat di dalam negeri,pembukaan cabangnya di mulai dari wilayah Karachi (salah satu kota terbesar pakistan),dakka ibu Pakistan bagian timur dahulu,sekarang negara Bangladesh) tahun 1947 m,dan di Rawalpindi tahun 1964 m (kota di propinsi Punjab) dan di peshawar (propinsi perbatasan barat laut Pakistan) dekat afghanistan,dan terahir di   sharjah (wilayah terbesar ke 3 uni emirat arab.)

PT ini mencetak al quran dengan berbagai ukuran dan juga di terjemahkan kedalam beberapa bahasa  lokal,dan yang lainnya,mushaf ini secara rasm dan sakal/tanda baca dari sisi metode adalah metode umum yang berlaku di wilayah benua hindia,hanya ada beberapa perbedaan kecil satu sama lain,hal itu disebabkan karena para penelaah dan penelitinya juga dari wilayah masing-masing daerah.
Secara turun temurun /urutan mushaf ini pertama kali di cetak di wilayah  india,kemudian Pakistan,dan Negara –negara disebelahnya (wilayah asia selatan) dan semuanya secara rasm sesuai dengan mushaf cetakan Pt Taj Company,dengan hanya ada sedikit perbedaan,karena sandaran metoda nya semua dari yaitu Imam Abu Amr Addani dalam kitab Al Muqni,dan Imam Asy Syatibi Dalam kitab  Al Aqilah.
Hal tersebut terjadi( mushaf ini menggunakan metoda addani dan asy syatibi) kemungkinan karena dikenalnya Imam Abu Amr Addani Dan Imam Asy Syatibi di wilayah anak benua hindia,di bandingkan Imam Abu Dawud.hal ini sebagimana banyaknya ditemukan makalah di wilayah anak benua hindia dan berbagai tulisan dari kitab Addani seperti (Attaisir) dan Al Muqni,dan juga tulisan-tulisan Imam Asy Syatibi seperti kitab Hirozul Amany,dan Al Aqilah. Dan juga syarah dari kitab kedua imam tersebut.

Dan sampai saat ini juga tidak di dapati banyak  kitab karangan yang berafiliasi ke metoda Imam Abu Dawud kecuali kitab Mawaridu Doman saja milik Imam Al Khoroz.

Pandangan itu bisa kita buktikan dengan apa yang di sampaikn Imam Muhammad Ghous Al Arkati Al Hindi dalam kitabnya yang mashur dalam ilmu rasm Yaitu  Nasrul Marjan Fi Rasm Nadmul Qur’an,beliau mengatakan dalam muqodimahnya bahwa semua sumber penulisannya berasasl dari kitab Al Muqni Milik Imam Addani,Al Aqilah Imam Asy Syatibi,Al Wasilah  Milik Imam Sakhowi, dan Annasr milik imam Al Jazari dan Al Itqon Imam Suyuti, dan juga Mushaf milik imam Al jazari,beliau tidak menyebutkan  seperti kitab Al Muhtasor Attabyin,atau karangan-karangan Imam Abu Dawud Annajah

 bersambung ke bag 2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar