MENGENAL MUSHAF STANDAR PAKISTAN (1)
Mushaf ini di kenal dan mashur di
wilayah negara-negara anak benua hindia.
Mushaf standar pakistan ini di
cetak dan di terbitkan oleh perusahaan bernama Pt Taj Company.PT Taj Company
adalah sebuah perusahaan penerbitan al quran dan buku –buku agama di Lahore
Pakistan berdiri tahun 1929 m saat berlangsungnya penjajahan inggris atas
india,penyebaran cabangnya berlansung secara cepat di dalam negeri,pembukaan
cabangnya di mulai dari wilayah Karachi (salah satu kota terbesar
pakistan),dakka ibu Pakistan bagian timur dahulu,sekarang negara Bangladesh)
tahun 1947 m,dan di Rawalpindi tahun 1964 m (kota di propinsi Punjab) dan di
peshawar (propinsi perbatasan barat laut Pakistan) dekat afghanistan,dan
terahir di sharjah (wilayah terbesar ke 3 uni emirat
arab.)
PT ini mencetak al quran dengan
berbagai ukuran dan juga di terjemahkan kedalam beberapa bahasa lokal,dan yang lainnya,mushaf ini secara rasm
dan sakal/tanda baca dari sisi metode adalah metode umum yang berlaku di wilayah
benua hindia,hanya ada beberapa perbedaan kecil satu sama lain,hal itu
disebabkan karena para penelaah dan penelitinya juga dari wilayah masing-masing
daerah.
Secara turun temurun /urutan
mushaf ini pertama kali di cetak di wilayah
india,kemudian Pakistan,dan Negara –negara disebelahnya (wilayah asia
selatan) dan semuanya secara rasm sesuai dengan mushaf cetakan Pt Taj
Company,dengan hanya ada sedikit perbedaan,karena sandaran metoda nya semua
dari yaitu Imam Abu Amr Addani dalam kitab Al Muqni,dan Imam Asy Syatibi Dalam
kitab Al Aqilah.
Hal tersebut terjadi( mushaf ini
menggunakan metoda addani dan asy syatibi) kemungkinan karena dikenalnya Imam
Abu Amr Addani Dan Imam Asy Syatibi di wilayah anak benua hindia,di bandingkan
Imam Abu Dawud.hal ini sebagimana banyaknya ditemukan makalah di wilayah anak
benua hindia dan berbagai tulisan dari kitab Addani seperti (Attaisir) dan Al
Muqni,dan juga tulisan-tulisan Imam Asy Syatibi seperti kitab Hirozul Amany,dan
Al Aqilah. Dan juga syarah dari kitab kedua imam tersebut.
Dan sampai saat ini juga tidak di
dapati banyak kitab karangan yang
berafiliasi ke metoda Imam Abu Dawud kecuali kitab Mawaridu Doman saja
milik Imam Al Khoroz.
Pandangan itu bisa kita buktikan
dengan apa yang di sampaikn Imam Muhammad Ghous Al Arkati Al Hindi dalam
kitabnya yang mashur dalam ilmu rasm Yaitu
Nasrul Marjan Fi Rasm Nadmul Qur’an,beliau mengatakan dalam muqodimahnya
bahwa semua sumber penulisannya berasasl dari kitab Al Muqni Milik Imam
Addani,Al Aqilah Imam Asy Syatibi,Al Wasilah Milik Imam Sakhowi, dan Annasr milik
imam Al Jazari dan Al Itqon Imam Suyuti, dan juga Mushaf milik
imam Al jazari,beliau tidak menyebutkan
seperti kitab Al Muhtasor Attabyin,atau karangan-karangan Imam
Abu Dawud Annajah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar