Mushaf Al Husaini di kenal
juga dengan istilah Mushaf Mesir, mushaf ini adalah mushaf yang banyak
beredar sebelum adanya mushaf madinah nabawiyah atauapun mushaf sebelumnya
yaitu mushaf makkah al mukarromah,mushaf Husaini ini adalah mushaf yang di
tulis sesuai dengan rasm usmani, mushaf ini di tulis oleh syaikh mesir yaitu Al
Muqori Muhammad Ali bin Kholaf Al Husaini (W 1357 H/1918 M) yang
terkenal dengan lakob Al Hadad,mushaf ini oleh lajnah dan ulama mesir
secara resmi di sebarkan pada tahun 1337 H/1918 M yang di sebarkan oleh Matbaah Amiriyah di tulis secara biasa ,Mushaf
Husaini ini adalah mushaf hasil telaahan dari mushaf sebelumnya yaitu Mushaf
Mukholati yang di cetak tahun 1308 h oleh maktabah bahiyah.yang di tulis
oleh ulama mesir Ridwan bin Muhammad bin sulaiman Al Mukholati(abu ied).mushaf husaini ini di telaah oleh para ulama mesir (Masayikh
Azhar Syarif) dengan teliti ,pada tahun 1924 M mushaf ini di terbitkan juga
oleh Matbaah Maslahah Masahah,dan ini merupakan penerbitan secara
cetakan pertama,mushaf ini di namai dengan istilah Mushaf Al Maliki Al Misri,pada
cetakan ini secara tulisan ,huruf sakal dan lainnnya lebih bagus dan jelas.dan
dari sisi rujukan juga sudah di cantumkan seperti metoda jumlah ayat memakai
toriqoh ulama kufiyun,dari Abdullah Bin habib Assulami Dari Ali Bin Abi
Tholib,dan sesuai dengan apa yang ada dalam kitab Nadimatuzzuhri karya Imam
Syatibi serta syarahnya ,,karya Syaikh Muhammad Ridwan Al Mukholati,dan
kitab Abi Qosim Amr Bin Muhammad Bin Abdul Kaffi,dan Kitab Al Bayan
Milik Muhammad Al Mutawalli.
Para ulama juga telah mencantumkan
tentang jumlah ayatnya yaitu 6236 ayat juga di sertai tanda yang menandakan
ahir ayat dan yang lainnnya ,mushaf ini terdiri dari 826 halaman, mushaf ini di
terbitkan saat mesir di pimpin Malik Fuad Pertama.
Pada zaman Malik Faruq
anaknya,mushaf ini di teliti ulang oleh para ulama karena ada kesalahan dalam
penulisan rasm usmani,kesalahan tersebut meliputi pensyakalan pada ahir ayat,kesalahan
pada tata letak waqaf, bahkan para ulama
menyebutkan ada 800 tempat yang salah,pada zaman Malik Faruq ini
penelitain di lakukan dengan lebih teliti lagi di bawah pimpinan Nurudin Ali
Bin Muhammad Bin Hasan Bin Ibrahim Bin Abdullah Al Misri Atau Yang Lebih Mashur
Dengan Nama Muhammad Ali Doba’ dan ulama azhar lainnya .dan sepenuhnya
mushaf ini di bawah dewan otoritas dan ulama/keagamaan seluruh azhar pada tahun
1952 m/1371 h ,mushaf ini di terbitkan untuk kedua kalinya oleh Matbaah Maslahah
Masahah juga.pada cetakan kedua ini selain rasmnya lebih benar, tulisannnya
sudah di anggap tidak ada ksealahan, secara bentuk juga lebih jelas dan
indah,kemudian juga penerbit yang lain ikut menerbitkan seperti matbaah
amiriyah dan yang lainnnya sampai sekarang ini, mushaf ini dikenal dengan Mushaf
Bulaq,Mushaf Amiri,Mushaf Misri,Mushaf Darul Masahah,Mushaf Darul Kutub,dan
semua mushaf ini adalah mushaf yang sama yaitu mushaf yang di tulis oleh khotot
Syaikh Ja’far beik,yang di tulis hurufnya sesuai apa yang di riwayatkan
bacaan Imam Hafs Dari Asim,serta penulisan huruf-hurufnya sesuai dengan ulama
rasm,sebagimana mushaf Sayyidina Usman yang disebar ke bebrapa negeri,serta
dobtnya sesuai dengan kitab Attiroz Fi Dobtil Horoz,dengan
menggunakan tanda baca/alamat Muhammad Bin Kholil Al Farohidi dan ulama
masariqoh sebagai ganti tanda baca andalusiyin dan maghoribah,jumlah ayatnya sesuai
dengan toriqof kufiyun,sebagimana dalam kitab Nadimatuzzuhri dan Tahqiqul Bayan,adapun masalah waqaf mengikuti
sebagimana alamat waqaf pada zaman syaikh husini,cetakan awal mushaf,ketentuan
ayat sajadahnya sesuai kitab fiqih empat mahzab dan bacaan saktahnya mengikuti Imam
Hafs melalui Toriqoh Satibiyah ,sampai tahun 1956 M/1367 H di bawah syaikh Muhammad
ali doba.dan setelah itu terbentulah Dewan Majma Buhuts Al Azhar Sarif (dewan
tashih quran dunia) dan sampai saat itu rujukan penulisan mushaf ini selalu di
cantumkan di belakang mushaf sebagimana mushaf cetakan Saudi Arabiya dan mushaf
standar madinah lainnnya.dan mushaf ini menjadi rujukan penulisan semua maushaf standar dunia islam termasuk Mushaf
Standar Madinah Al Munawarah.
Contoh mushaf cetakan Maslahah masahah
Contoh mushaf cetakan Maslahah masahah
Berlanjut Ke Mushaf Mukholati….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar