Selasa, 24 Mei 2016

MENGENAL ISTILAH MUSHAF MESIR/AL HUSAINI/MUSHAF AL AMIRI




Mushaf Al Husaini di kenal juga dengan istilah Mushaf Mesir, mushaf ini adalah mushaf yang banyak beredar sebelum adanya mushaf madinah nabawiyah atauapun mushaf sebelumnya yaitu mushaf makkah al mukarromah,mushaf Husaini ini adalah mushaf yang di tulis sesuai dengan rasm usmani, mushaf ini di tulis oleh syaikh mesir yaitu Al Muqori Muhammad Ali bin Kholaf Al Husaini (W 1357 H/1918 M) yang terkenal dengan lakob Al Hadad,mushaf ini oleh lajnah dan ulama mesir secara resmi di sebarkan pada tahun 1337 H/1918 M yang di sebarkan  oleh Matbaah Amiriyah di tulis secara biasa ,Mushaf Husaini ini adalah mushaf hasil telaahan dari mushaf sebelumnya yaitu Mushaf Mukholati yang di cetak tahun 1308 h oleh maktabah bahiyah.yang di tulis oleh ulama mesir Ridwan bin Muhammad bin sulaiman  Al Mukholati(abu ied).mushaf husaini  ini di telaah oleh para ulama mesir (Masayikh Azhar Syarif) dengan teliti ,pada tahun 1924 M mushaf ini di terbitkan juga oleh Matbaah Maslahah Masahah,dan ini merupakan penerbitan secara cetakan pertama,mushaf ini di namai dengan istilah Mushaf Al Maliki Al Misri,pada cetakan ini secara tulisan ,huruf sakal dan lainnnya lebih bagus dan jelas.dan dari sisi rujukan juga sudah di cantumkan seperti metoda jumlah ayat memakai toriqoh ulama kufiyun,dari Abdullah Bin habib Assulami Dari Ali Bin Abi Tholib,dan sesuai dengan apa yang ada dalam kitab Nadimatuzzuhri karya Imam Syatibi serta syarahnya ,,karya Syaikh Muhammad Ridwan Al Mukholati,dan kitab Abi Qosim Amr Bin Muhammad Bin Abdul Kaffi,dan Kitab Al Bayan Milik Muhammad Al Mutawalli.

Para ulama juga telah mencantumkan tentang jumlah ayatnya yaitu 6236 ayat juga di sertai tanda yang menandakan ahir ayat dan yang lainnnya ,mushaf ini terdiri dari 826 halaman, mushaf ini di terbitkan saat mesir di pimpin Malik Fuad Pertama.

Pada zaman Malik Faruq anaknya,mushaf ini di teliti ulang oleh para ulama karena ada kesalahan dalam penulisan rasm usmani,kesalahan tersebut meliputi pensyakalan pada ahir ayat,kesalahan pada tata letak  waqaf, bahkan para ulama menyebutkan ada 800 tempat yang salah,pada zaman Malik Faruq ini penelitain di lakukan dengan lebih teliti lagi di bawah pimpinan Nurudin Ali Bin Muhammad Bin Hasan Bin Ibrahim Bin Abdullah Al Misri Atau Yang Lebih Mashur Dengan Nama Muhammad Ali Doba’ dan ulama azhar lainnya .dan sepenuhnya mushaf ini di bawah dewan otoritas dan ulama/keagamaan seluruh azhar pada tahun 1952 m/1371 h ,mushaf ini di terbitkan untuk kedua kalinya oleh Matbaah Maslahah Masahah juga.pada cetakan kedua ini selain rasmnya lebih benar, tulisannnya sudah di anggap tidak ada ksealahan, secara bentuk juga lebih jelas dan indah,kemudian juga penerbit yang lain ikut menerbitkan seperti matbaah amiriyah dan yang lainnnya sampai sekarang ini, mushaf ini dikenal dengan Mushaf Bulaq,Mushaf Amiri,Mushaf Misri,Mushaf Darul Masahah,Mushaf Darul Kutub,dan semua mushaf ini adalah mushaf yang sama yaitu mushaf yang di tulis oleh khotot Syaikh Ja’far beik,yang di tulis hurufnya sesuai apa yang di riwayatkan bacaan Imam Hafs Dari Asim,serta penulisan huruf-hurufnya sesuai dengan ulama rasm,sebagimana mushaf Sayyidina Usman yang disebar ke bebrapa negeri,serta dobtnya sesuai dengan kitab Attiroz Fi Dobtil Horoz,dengan menggunakan tanda baca/alamat Muhammad Bin Kholil Al Farohidi dan ulama masariqoh sebagai ganti tanda baca andalusiyin dan maghoribah,jumlah ayatnya sesuai dengan toriqof kufiyun,sebagimana dalam kitab Nadimatuzzuhri dan Tahqiqul  Bayan,adapun masalah waqaf mengikuti sebagimana alamat waqaf pada zaman syaikh husini,cetakan awal mushaf,ketentuan ayat sajadahnya sesuai kitab fiqih empat mahzab dan bacaan saktahnya mengikuti Imam Hafs melalui Toriqoh Satibiyah ,sampai tahun 1956 M/1367 H di bawah syaikh Muhammad ali doba.dan setelah itu terbentulah Dewan Majma Buhuts Al Azhar Sarif (dewan tashih quran dunia) dan sampai saat itu rujukan penulisan mushaf ini selalu di cantumkan di belakang mushaf sebagimana mushaf cetakan Saudi Arabiya dan mushaf standar madinah lainnnya.dan mushaf ini menjadi rujukan penulisan  semua maushaf standar dunia islam termasuk Mushaf Standar Madinah Al Munawarah.
Contoh mushaf cetakan Maslahah masahah 
 
Berlanjut Ke Mushaf Mukholati….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar