Mushaf ini, di kenal dengan istilah nama Mushaf Madinah ,karena di
cetak di Kota Madinah Al-Munawarrah dan
disebarluaskan secara besar- besaran oleh percetakan al-qur’an terbesar di
dunia yaitu Mujama Malik Fahd Li Tibaatil Mushaf (kerajaan Saudi
Arabia). Alhamdulillah penulis pernah berkunjung dan melihat langsung kesana.
Penyebaran Mushaf secara khusus keseluruh dunia melalui badan
wakaf dan juga hadiah bagi para jamaah haji dan umrah melalui badan
wakaf Saudi, secara umum juga karena banyaknya toko-toko al-quran atau kitab
yang juga ikut memasarkan rumpun Mushaf Standar Madinah ini .
Istilah Mushaf Madinah yang penulis maksud adalah salah satu sample/contoh
model rumpun rasm dan dobt al-qur’an yang beredar di dunia (terutama di dunia Arab),
selain ada istilah Mushaf Madinah ada istilah Mushaf Mesir, Bairut
Kuwait, Qatar, Syiria dan cetak Duwal Arobiyah lainnnya..jadi istilah
Mushaf Standar Madinah adalah untuk memudahkan sistem Rasm dan Dobt
al-quran yang beredar di dunia ini.dan saya mengambil sample
menggunakan Mushaf Standar Madinah Karena mushaf ini yang paling di kenal
masyarakat dunia muslim saat ini.
Al quran ini di cetak melalui biaya Negara Kerajaan Saudi Arabia dan di
sebarkan luaskan secara gratis ke penjuru dunia berpenduduk muslim.penyebaran
yang begitu banyak di Negara muslim seluruh dunia,menyebabkan mushaf ini mudah
di kenal dan orang mengetahui secara cetakan Tanda Baca(Dobt) dan Rasm
,bahwa mushaf ini adalah Mushaf Madinah.
Selain di cetak secara gratis oleh Negara Saudi, mushaf ini juga banyak di
cetak beberapa penerbit di Timur Tengah untuk di jual, di Indonesia sendiri
hampir seluruh masjid dan pesantren mengetahui mushaf ini, karena adanya wakaf baik
melalui Negara atau melalui muhsinin yang mewakafkannya untuk badan amal.
Apalagi secara Khusus Kementerian Agama Republik Indonesia dan
Kementerian Agama Saudi mengadakan kerja sama penerjemahan Mushaf Madinah kedalam
bahasa Indonesia di mulai tahun 1990 M sampai sekarang dan dibagikan secara
gratis melalui hadiah khususnya jamaah haji dan umroh serta wakaf-wakaf yang
lain .
Mushaf Madinah secara khusus ( yang di cetak oleh Saudi) adalah mushaf yang di
tulis dengan khot Nasakh', Mushaf yang beredar saat ini yang di sebarkan oleh
kerajaan Saudi adalah mushaf dengan khot karya Dr Usman Ibnu Abduh Thaha
atau yang di kenal dengan Syaikh Usman Thaha (atau syaikh Halabi)dari Halb
-Aleppo Syiria.
Mushaf ini mulai di cetak secara besar tahun 1984 M.Mushaf Madinah ini mulai di
cetak sebenarnya jauh beberapa tahun sebelum berdirinya percetakan Mujama Malik
Fahd dengan nama Mushaf Makkah Al Mukarromah tahun 1369 H,
dengan penerbit Sirkah Mushaf Makkah Mukarromah, dan Mushaf Milik Daruss
syamiyah kemudian Mujama Malik Fahd Menulis Sendiri, rumpun yang sama
juga di cetak di beberapa Negara terlebih dahulu sebelum ini, seperti mushaf
yang terkenal diwilayah Diyar Al-Misriyah, Mushaf Amiri, Mukholati, Husaini
Mushaf Darul Kutub, Mushaf Bhiyah, Mushaf Malik Fuad dan Mushaf Sarmali, dan Mushaf
Sarmali ini yang menjadi panduan penulisan Mushaf Madinah jadi sebelum ada
Standard Mushaf Cetakan Saudi Wilayah Mesir Lebih Dahulu Menggunakan Penulisan
Rasm dan Dobt denganMetoda Ini. Diawali dengan Mushaf Mukholati.
Pada tahun 1984 M kerajaan Saudi mendirikan percetakan al-quran terbesar di
dunia untuk hikmad kaum muslimin di dunia dengan mencetak al quran utama model Mushaf
Rumpun Rasm dan Dobt Model ini.
Mushaf Madinah ( mushaf al-quran dengan standar penulisan Madinah)
adalah riwayat bacaan Imam Hafs dari Asim yang terdiri
dari 6236 ayat (sesuai dengan dengan mushaf yang beredar
di wilayah Kuffah) di buat dengan jumlah halaman 604 .dengan jumlah
baris tiap halaman 15 baris, mushaf ini di sebut juga Mushaf Pojok.
Mushaf Standar Madinah ini secara tanda baca (rasm dan dobt) memakai
ulama rasm Imam Abi Dawud Sulaiman Ibnu Najah (496 H) atau yang di kenal dengan
Imam Abu Dawud dengan rujukan kitabnya Mukhtasorut Tabyiin Li Hijail
Tanzil, dan juga Imam Abu Amr Addani dengan rujukan kitabnya Al Muqni
Fi Ma’rifati Marsum Masohif Ahli Amsor dengan mentarjih Imam Abu Dawud
jika terjadi perbedaan pada keduanya .Mushaf ini adalah mushaf yang paling
banyak tersebar di dunia. di berbagai Negara Arab di Timur Tengah Mesir, Saudi,
Syam, Iraq,dll
Mushaf
dengan standar ini secara bentuk tulisan/ jenis khot berbeda-berbeda(otografi
tulisan )pada tiap negara arab, ada mushaf Sarmali di Mesir, Mushaf Daulah
Kuwait, Daulah Qatar, Syiria dll. tetapi secara rumpun tanda baca sama (Rasm
dan Dobtnya), hanya perbedaan jumlah baris dan halaman tiap
halamannnya .
Penulisan
al quran dengan tanda baca seperti ini di kenal dengan istilah Madzhab Masyariqoh
( Madzhab Ulama Rasm Timur Arab). ( bisa di baca pada pembahasan
sebelumnya..)
Mushaf yang semisal dari bentuk khot dan sebagainya serupa adalah juga yang
dimiliki oleh badan wakaf Suriyah, yang juga karya Syaikh Usman Thaha, sebelum
Syaikh Usman Thaha menulis untuk Mujama Malik Fahd, beliau telah menulis untuk
negaranya sendiri yaitu Syuriah dan beberapa Negara yang lain. Mushaf dengan
rumpun ini di tandai dengan tanda yang berbeda misalnya untuk cetakan Saudi ada
stempel penerbit Malik Fahd, untuk Suriah , Mesir, dan beberapa Negara Timur
Tengah lainnya dibubuhi tanda tashih dari Badan Tashih Mushaf Dunia
yaitu yang berkedudukan di Al-Azhar Mesir Majma Buhuts Al
Islamiyah Sebagai Badan Tashih Quran Dunia.
Mushaf Standar Madinah ini menggunakan bentuk khot Nasakh yang indah dan
konsiten pada otografi tulisannya, sehingga gampang untuk dibaca. mushaf
madinah juga banyak di cetak di luar Saudi Arabia dengan tanda tashih dari
dewan otoritatif agama setempat dalam satu Negara.seperti di Kuwait,
Qatar.dll .Mushaf Madinah dalam beberapa hal berbeda dengan Mushaf Standar
Indonesia/Pakistan/Turki atau mushaf yang di pakai diwilayah Anak Benua Hindia
yang juga yang juga sama-sama riwayat Imam Hafs dari Ashim seperti nama surat,
seperti Al Masad ( Allahab) Asy-Syarh( Al Insyiroh) Ghafir (Mu’min) At Taubah (
Baroah) dll dan juga ibtida juz atau awal permulaan juz .perbedaan ini terdapat
pada ibda juz 4.7.11.14.20.21.23.
Secara waqaf hukumnya sama yang membedakan hanya tata letak./ Ibtida dan
waqafnya saja, dan juga perbedaan ketentuan waqaf lazim. perbedaan yang lain
pada Mushaf Madinah tidak adanya tanda Ruku. tanda Manzil. pada kebanyakan
pembagian hizb pada mushaf madinah menggunakan ketentuan rubu’ (1/4) Untuk
Membagi 60 Hizb Yang Ada dalam Al Quran dan terlebih dalam masalah bentuk rasm
penulisannnya.
Ciri khas Mushaf Madinah atau Yang serumpun (didaerah Timur Tengah ) ini di
belakang al-qur'an selalu tercantum Kalimat Ta’rif Bihadal Mushaf. (Keterangan
Tentang Mushaf Ini).ini untuk menunjukkan tentang rujukan standar yang di pakai
dalam penulisan Rasm – Dobt dan istilah-istilahnya ini. redaksi
terjemahnya dengan sedikit ringkasan .
1.
Mushaf
ini di tulis dan di beri tanda baca sesuai dengan riwayat Imam Hafs Bin
Sulaiman Bin Mughiroh Al Asady Al Kuffi,dengan bacaan
imam Asim Bin Abu Najud. Al Kuffi Attabii(Seorang Tabbiin).dari Abu
Abdurrahman Abdullah Bin Habiib Assulami dari Usman Bin
Affan dan Ali Bin Abi Thalib dan Zaid Bin
Sabit dan Ubay Bin Kaab, dari Nabi sallahu alaihi
wassalam.
2.
Ejaan
hurufnya di ambil dari para riwayat ulama rasm yang bersumber dari mushaf
–mushaf yang telah dikirim khalifah usman bin affan ke makkah,basrah kuffah,dan
syam,dan juga mushaf yang di beliau peruntukkkan untuk penduduk madinah,serta
mushaf yang beliau peruntukkan untuk dirinya sendiri,serta mushaf-mushaf yang
telah di mansukh.sebagaimana juga telah di nukil oleh dua orang syaikh
dalam ilmu rasm yaitu Imam Abu Amr Ad Dani Dan Abu Dawud Sulaiman Bin Najah
dengan mentarjih jika pada imam abu dawud jika terjadi khilaf di antar
keduanya.
3.
Qoidah
dobtnya/pensyakalannya di ambil dari apa yang telah di tetapkan ulama dobt
sebagai mana tertera pada kitab ‘’At Tiroz Ala Dobtil Khoroz’’ oleh imam At
Tanasi dengan mengambil tanda/alamat dobt dari imam Kholil Bin Ahmad al
farohidi dan pengikutnya dari ulama dobt Masyriq.sebagai pengganti dari
tanda dobt dari ulama Andalus dan Maghrib.
4.
Penentuan
jumlah ayatnya mengikuti mushaf yang di kirim ke kuffah /mengikuti penduduk
kuffah.yaitu dari Abi Abdurrahman Abdullah bin habib assulami dari Ali
bin Abi Thalib sebagaimana tertera dalam kitab ‘’Nadimatu Zzuhri’’ karya imam
Asy Syatibi.dan juga mengambil rujukan yang lain dengan jumlah ayat 6236
ayat .
5.
Keterangan
tentang pembagian juz menjadi 30, hizb menjadi 60 dan juga pembagian rubu’
hizbnya diambil dari kitab Ghoisu Anaf’i karya
Assafaqusi,’’Nadimatuzzuhri’’ imam Asy Syatibi dan ‘’Tahqiqul Bayan’’ Muhammad
al mutawalli,dan ‘’Irsyadul Quro Wal Katibiin Li Abi Ied Ridwan Al
Mukhollati.’’
6.
Penentuan
Makkiyah dan Madaniyahnya di ambil dari beberapa kitab milik Abi Qosim Amr Bin
Muhammad Bin Abdul Kafi asy syatibi ,dan juga kitab-kitab qirooat dan tafsir
lainnya.
7.
Ibtida
dan waqafnya serta tanda waqafnya di putuskan oleh lajnah dewan tashih
quran,sebagimana tercantum susunan lajnah pada belakang mushaf,yang di
sesuaikan dengan makna yang terkandung pada tiap ungkapan pada jumlah kalimat
dengan merujuk pada para imam tafsir dan juga ulama waqaf dan ibtida.
8.
Keterangan
tentang penentuan ayat sajdah di sarikan dari kitab fiqih dan hadis-hadis yang
menunjukkan adanya hal itu.walaupun ada beberapa perbedaan pendapat pada 5 ayat
yang tertera pada sura Al Hajj,Shaad,Anajm,Al Insyiqoq Dan Al Alaq.
9.
Penentuan
saktah dan ayat ghorib yang lain mengambil dari Imam Hafs Dari Toriqoh
Syatibiyah dan syarahnya ,dan kaifiyah pengucapannya yaitu dengan
langsung melihat ucapan para masyayikh quro( secara talaqqi)
10. Dan beberapa keterangn
tanda lain seperti tanda sukun,sifr mustadir/mustatil qoim,tarkib harokatain
(dhumahtain,fathatain,kasrotain),mim soghiroh tanda iklab,tanda sajdah,tanda
mad asli dan lain-lain.serta tanda keterangan tajwid dan hukumnya dan tanda
–tanda waqaf dan hukumnya.
Pada Cetakan awal Mushaf Madinah ini sekitar tahun 1978 M/1406 H pada ahir
mushaf isi tentang Ta’rif Bihadal Mushaf masih panjang tercantum
keterangan tanda alamat dobt (Istilahu Addobt) yang di pakai
seperti keterangan tanda sukun yang di ambil dari kepala Huruf Kho tanpa
titik dari kata (Khofif) tanda tasdid dan banyak lagi keterangan seperti
halnya pada mushaf Al Amiri ketika pertama cetak atau bahakan Ta’rif bihadal
Mushaf Ini suadah dimulai sejak Mushaf Mukholati, tetapi pada cetakan
selanjutnya katerangannya hanya menjadi kurang lebih seperti ke sepuluh point
di atas.
Mushaf Madinah ini mempunyai kekhususan dan keistimewaan sendiri bagi sebagian
besar ulama rasm. maka muncul beberapa disiplin ilmu yang membahas dari segi
penulisan(rasm) dan bacaannya seperti yang di karang.syaikh Muhammad
syamlul dengan judul I’jazu Rsamul Quran Wa I’jazu Tilawah.
buku ini di beri pengantar oleh syaikh Ali Jumah Mufti Mesir. dan juga
banyak dari ulama dulu yang membahasnya seperti Imam Thobari yang juga
membahasnya dalam beberapa tafisirnya.dan juga ulama-ulama yang lain yang
membahas tentang kemu’jizatan penulisan rasm mushaf al quran dengan rumpun
tanda baca seperti ini.
Silahkan baca juga sejarah mushaf Mesir/Darul Kutub/Mushaf Al Husaini/Mushaf Al
Amiri, Mushaf Mukholati, Mushaf Malik Fuad, ada saling keterkaitan dengan Mushaf
Madinah ini. Mushaf Standar Madinah secara asal semua adalah mushaf yang sudah
di kenal di wilayah Mesir dan oleh karena juga dewan tashih quran dunia berada
di Mesir, dimulai sejak adanya Mushaf Mukholati yang pertama kali di tulis
secara Rasm Utsmani, kemudian Mushaf Amiri/Husaini dan dari sanalah mushaf-mushaf
di wilayah tanah arab merujuk termasuk Mushaf Madinah.
Sebagian besar ulama menganggap dan berpendapat bahwa Mushaf Madinah merupakan
mushaf paling usmani secara rasm.wallahu a’lam karena juga banyak terjadi
perbedaan pendapat. Mushaf Madinah secara Rasm sama dengan semua Mushaf yang
beredar di Timur Tengah.(atau yang di cetak di negara Arab).
Mushaf Standar Madinah yang di cetak oleh Mujama Malik Fahd ini source
tulisannya di bagikan secara gratis oleh Mujama Malik Fahd.dengan judul Mushaf
Hasubi ( al quran di gital/untuk dekstop ) bisa didownload secara gratis. disana
juga di cantumkan tentang penggunaanya secara bebas bersyarat.
File
yang di sediakan
1.file
dalam bentuk pdf seluruh mushaf dengan bacaan para imam qiroat ( berbagai imam
qiroah)
2.di
sediakan dalam bentuk font arab /word
3.di
sediakan dalam bentuk photo shop /tif/image/png
4.disediakan
dalam bentuk indesign
5.disediakan
dalam bentuk adob illustrator
semua
keterangan dan source materi quran bisa di download di www.qurancomplex.org
untuk
mengetahui tentang istilah mushaf madinah ini pembaca dapat merujuk ke buku
-Tatowuru Kitabatil Mushaf Asy Syarif Wa
Tibaatuhu Wainayatul Mamlakah Al Arobiyah As Suudiyah Bi Tob Ihi Wanasrihi Wa
Tarjamah Maaniyha .Dr Muhammad Salim Ibnu Sadid Al Aufi 2000 Masehi /1421
H(makalah)
-Taqriru Ilmi Limushaf Madinah Nabawiyah Oleh
Wiyarotul Auqof Haj Wal Umroh
-Mushaf Madinah Cetakan Tahun 140 H
-Tibaatul Quran Fi Diayaril Misr( makalah)
-A’malu Lajanh Ilmiyah Li Mushaf Madinah Oleh
Syaik Ali Abdurrahman Al Hudaifi
Lampiran
contoh Mushaf
Mushaf Cetakan Mujama Malik Fahd
Cetakan Awal
Mushaf Kuwait
Mushaf
Sarmali Mesir
Mushaf Amiri Mesir
Tidak ada komentar:
Posting Komentar